Cara Mendesain Rumah Minimalis

1.Buatlah rumah kita berkesan “hidup”, natural, yakni bisa dilalui lalulintas udara yangg sehat (refresh-selalu terbarui) dan sirkulasi udara yang lancar dengan membuat lubang ventilasi rumah, yang bentuk desainnya kita sesuaikan dengan selera kita, mau style mnimalis, klasik, mediterania, natural dan sebagainya, tergantung kita saja.

2.Adanya sinar matahari yang terpantul hingga menerangi rumah kita dengan adanya jendela jendela rumah tembus pandang, bila perlu dengan pintu rumah tertentu yang tembus pandang, berarti bisa mengunakan bahan kaca, polycaarbonate, glassblock dan lainnya. Dengan konsep ini kita bisa menghemat penggunaan lampu dan energi listrik dirumah kita. Juga bisa memberikan kesehatan tersendiri bagi penghuninya jika rumah yang bersangkutan dilalui sinar matahari pagi.

3.Buatlah desain rumah sederhana yang indah sesuai dengan kebutuhan dan volume aktifitas dan kapasitas jumlah member dari anggota keluarga kita. Buatlah desain ruangan rumah selapang mungkin terutama untuk ruang tengah,hindari ruang ruang yang bersifat parsial atau terlalu dibatasi oleh banyak dinding terutama antara ruang tamu dan ruang tengah kalau pun ada dinding bisa di terapkan dinding yang ‘mobile’ (bisa dipindah pindah), siapa tau suatu hari nanti kita memerlukan kapasitas ruangan yang lebih lapang dengan cara memindahkan dinding yang mobile tersebut sehingga kombinasi ruang tamu dan ruang keluarga itu menjadi luas dan digunakan untuk sekelas acara semacam pesta, barbeque, pengajian, dan lain-lain.

Taman

4.Buatlah desain eksterior luar rumah yang naturalis, dengan mennyediakan beberapa lahan kecil untuk menjadi “paru-parunya” lingkungan rumah kita berupa taman taman rumah, walaupun kecil bisa dimanfaatkan untuk refreshing mata dan tempat lalu lintas udara masuk atau keluar ruangan rumah. Sehingga membantu program kesehatan lingkungan rumah yang alami dan segar.

5.Jika lahan sempit namun ada dana plus, untuk rumah tingkat, bisa di desainkan semacam taman diatas (sky-garden) untuk dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul keluarga di sore atau malam hari, kongkow sambil minum kopi, atau “alternative place” untuk ngobrol dengan anggota keluarga lainnya, sambil melihat ‘view’ (pemandangan) yang lebih lapang dari lantai 2 atau lantai diatasnya. Adanya taman diatas ini memiliki nilai plus tersendiri bagi desain rumah Anda.

6.Desainlah ruangan rumah yang mampu memberikan nilai tambah bagi kehidupan dan gaya hidup si pemiliknya. Bagi yang suka baca, sebaiknya disediakan semacam ‘miniature library’ (perpustakaan pribadi) dirumahnya, juga bagi yang ingin membuka kantor dirumah atau yang workaholic (berjiwa entreprenueship, suka kerja lembur dirumah, kalangan profesional kreatif, dan sebagainya) bisa dibuatkan ruangan kerja tersendiri dirumah, hal ini mampu memberikan nilai tambah (plus) tersendiri bagi si pemiliknya.

7.Fasilitas olahraga dan rekresiapun pun tidak ketinggalan bisa ditambahkan atau disediakan utk menunjang aktifitas plus lainnya, seperti renang dengan adanya kolam renang, atau dalam bentuk miniatur bisa mengunakan kolam wirlfool (kolam mandi dengan kapasitas 4-6 org dengan fitur tambahan pijat-urut ala semburan air dari mesinnya ke pinggang para user-nya).

8.Bagaimanapun banyak lagi fitur rumah yang bisa ditambahkan kepada desain rumah kita, hingga terasa mampu menampung banyak hal walaupun dengan lahan terbatas, jika didesain dengan cermat, akan menghasilkan desain rumah yang bisa mengakomodasi berbagai kepentingan dan berbagai impian yang mungkin sebelumnya tidak terpikir atau terencana.

Semoga Bermanfaat..

0 comments on “Cara Mendesain Rumah MinimalisAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *