ticket for paradise in islam

Siapa Dzulqarnain, Khidr dan Ya’juj & Ma’juj?

Kehidupan Zaman Akhir memang penuh teka-teki misteri yang sulit terpecahkan. Tanda-tanda kecil kiamat yang kini sudah menjadi kenyataan hingga Tanda-tanda Kiamat besar yang sebagian sudah terjadi dan akan menimpa hidup kita di kemudian hari. Dalam Surat Al-Kahfi dijelaskan dengan sangat tersirat, ada banyak kisah-kisah yang berkaitan erat dengan akhir zaman diterangkan pada surat ini.  Salah Satu diantaranya adalah Kisah Dzulqarnain. Pertanyaannya adalah Apa Kaitan Dzulqarnain dengan Khidr dan Ya’juj & Ma’juj.

Dzulqarnain adalah Kehidupan Dua Zaman yang bertentangan, Zaman Dajjal (yang penuh dengan tipu muslihat yang mengagumkan) kemudian di ikuti dengan Zaman Nubuwwah atau Kenabian sebagai penutup Zaman.

Jadi Dzulqarnain merupakan Dua Zaman yang bertentangan hidup secara berdampingan didalamnya terdapat Khidr (Orang yang hidup di kedua zaman itu).

Siapa itu Khidr? Khidr adalah orang yang hidup di zaman Dzul-Qarnain. Selama hidupnya ia mendalami dua ilmu. Pendalaman Spiritual Bashirah serta ilmu laduni (keduniaan). Berupa sains, sosial dan ilmu pasti. Khidr secara bahasa berarti Hijau atau menghijaukan. Maksudnya adalah kedatangan nya di suatu tempat membuat orang sekelilingnya menjadi paham atau mengerti tentang ilmu spiritual yang sebelumnya tidak mereka ketahui. Khidr mengajarkan kepada muridnya itu 2 ilmu yakni ilmu أ (Alif/Tauhid) dan ilmu ب (Ba/Bashirah). Ini adalah bekal utama menuju akhirat.

Sedangkan Ya’juj dan Ma’juj adalah Kaum yang durhaka dan hanya hidup di zaman Dajjal, mereka mempertuhankan alam semesta (harta benda) dan hawa nafsunya. Mereka merasa akan kekal abadi di dunia. Sangat buta dan tersesat dengan nilai spiritualitas. Allah membutakan dan menyesatkan pemikirannya. Seperti mengganggap baik perbuatan buruk dan sebaliknya. Menghalalkan segala cara demi kehidupan duniawi. Menyesatkan orang di sekitarnya, mengabaikan norma-norma kehidupan. Mereka (Ya’juj dan Ma’juj) itu saling tolong menolong dalam kemaksiatan dan perbuatan yang di murkai oleh Allah SWT.

Menurut Bahasa Dzul (goncangan) Qarn (Zaman/Tanduk) -nain (dua/yang berkaitan). Jadi menurut Bahasa Dzulqarnain adalah Goncangan yang terjadi pada dua zaman yang bertentangan menjelang hari kiamat. Sedangkan Ya’juj dan Ma’juj menurut Bahasa ‘ajaj (yang membara) maksudnya adalah Orang-orang yang senang berbuat kerusakan (kezaliman dan kemaksiatan) di muka bumi. Ia (Ya’juj & Ma’juj) saling Mengajak kepada manusia untuk meninggalkan Allah dan ajaran-Nya. Maka jangan heran jika golongan Ya’juj dan Ma’juj itu perbandingannya 1:99 dalam kitab hadis sahih Bukhari dan Muslim.

0 comments on “Siapa Dzulqarnain, Khidr dan Ya’juj & Ma’juj?Add yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *